Selasa, 25 Januari 2011

BANGGA MBANGUN DESA UNTUK WUJUDKAN MASYARAKAT YANG MEMBANGUN

Kamis, 13 Januari 2011 09:12:04 - oleh : Humas Cilacap
Program Bangga Mbangun Desa (BMD)adalah sebuah program yang berorientasi menumbuhkembangkan potensi-potensi yang ada di pedesaan. Oleh karena itu dibutuhkan konsep yang aplikatif agar terjadi sinergis dengan yang dibutuhkan dalam program BMD tersebut. Untuk itu, Asissten Ekbang dan Kesra Sekda Cilacap Ir. A. Pri Leo Triasto, MM berharap agar setiap SKPD memiliki konsep yang terarah dan terukur terhadap program BMD. "Jadi program Bangga Mbangun Desa tidak hanya cukup pada perkataan saja akan tetapi benar-benar bisa diwujudkan," ungkapnya.
Ditambahkan Leo, proyek-proyek di desa seperti PNPM akan ikut menggerakkan masyarakat setempat. Keterlibatan masyarakat secara aktif memang menjadi bagian tak terpisahkan dari program Bangga Mbangun Desa. Hal itu juga diungkapkan Staf Ahli Bupati Bidang Pengembangan SDM Drs. PA Djatmiko, MM  "Ya arahnya memang kesana, sehingga mewujudkan masyarakat yang membangun," katanya.
Wakil Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji dalam beberapa kali kesempatan mengungkapkan keinginannya agar program Bangga Mbangun Desa mampu mengangkat potensi-potensi yang ada di pedesaan. Setidaknya apabila potensinya muncul maka warga desa tidak harus melakukan urbanisasi ke kota untuk sekedar mencari kerja atau penghasilan bagi kebutuhan hidupnya. Wabup berusaha keras untuk bisa melihat dan mencerna potensi dan kebutuhan setiap desa dengan mengadakan safari ke desa-desa dengan bermalam. Beberapa desa telah dikunjunginya untuk bermalam sehingga keterlibatannya dengan warga lebih intens. "Dengan cara ini maka saya bisa berdialog langsung dan menjadi lebih mengerti mengenai suasana kehidupan desa," ujarnya. Agar program tersebut sukses Wabup akan mengajak semua Kepala SKPD untuk senantiasa ikut sehingga ada sinergis antara pemerintahan di tingkat Kabupaten dan desa. (abe)

3 komentar:

  1. karena aku bukan di desa..maka jargonku adalah: "Bangga Membangun Kota" hehe....

    BalasHapus
  2. Yap..walaupun di kota tapi tetep "Ke bulan " tiap hari..hehe..

    BalasHapus
  3. Bleger udah oke...hanya perlu ditampilkan data yang lebih rinci

    BalasHapus