Kamis, 10 Februari 2011

DESA JADI PUSAT KEGIATAN MASYARAKAT

Wakil Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji mengharapkan agar kegiatan program Bangga Mbangun Desa mampu membangkitkan warga desa untuk semangat membangun agar desanya maju. "Karena desa menjadi pusat segala kegiatan masyarakat, baik kehidupan social,ekonomi, budaya, maupun politiknya," ujarnya. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Dayeuhluhur untuk mersmikan beberapa proyek PNPM Pedesaan Selasa (1/2).
Saat berkunjung ke Dayeuhluhur Wabup juga menyaksikan kegiatan masyarakat seperti pengobatan gratis, pemasangan KB susuk, dan sunatan missal. Sementara itu Camat Dayeuhluhur Agus Supriyono dalam laporannya mengatakan bahwa sejak 2009 hingga 2012 Dayeuhluhur mendapatkan alokasi dana PNPM DM sebesar 2 milyar yang diberikan untuk 14 desa. Dana tersebut diperuntukan antara lain Simpan Pinjam Perempuan 27 kelompok sebesar Rp. 280.209 ribu, untuk program peningkatan kualitas hidup sebesar Rp. 129.469 seperti pelatihan tata boga, menjahit,perbengkelan dan lain-lain. Kemudian untuk proyek sarpras berupa ajalan sepanjang 1,509 km di sepuluh desa, macadam, serta rabat beton.
Pada kesempatan itu juga dilaporkan tentang pembangunan PAUD di desa Hanum. Untuk PAUD dana dari PNPM sebesar Rp.112.330 dan swadaya masyarakat Rp. 27.020 sehingga total biaya Rp.145.262,-. Disamping itu untuk program Keserasian Sosial Bersama Masyarakat menghasilkan proyek makadam jalan di desa Hanum sepanjang 1000m X 2,5m dengan biaya dari dana KSBM 107 juta dan swadaya masyarakat 45 juta. Untuk desa Dayeuhluhur aspal jalan sepanjang 1000 m X 2,5 m yang berasal dari dana KSBM 100 juta dan swadaya masyarakat 42 juta. (abe)

2 komentar:

  1. Assalamualaikum... Numpang coment nih wi...
    Saya sangat setuju sekali dengan konsep yang sedang di galakan oleh Wakil Bupati Cilacap. Dimana desa menjadi pusat kegiatan masyarakat adalah sebuah wujud dari konsep " Bangga Mbangun Desa ". Dalam konsep Bangga Mbangun Desa yaitu titik awal tujuan pembangunan adalah pembangunan di desa-desa. Dimana di desa itu terdapat berbagai macam potensi seperti budaya, sosial, ekonomi, SDA dan potensi-potensi lain. Sehingga pusat kegiatan dari pemberdayaan dan pembangunan bermula dari desa-desa.
    Pengen lebih lengkapnya kamu bisa baca tulisan di blogku ya : syamsul1985.blogspot.com
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Kumsalam....
    suwun mas syamsul...semoga dana yang sudah dianggarkan untuk mbangun desa bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya juga ya...hehe..cari gadis desa juga boleh..cantik2 to...

    BalasHapus